Raih Juara, Utusan Ponpes Salman Wakili Jateng di Kejurnas HBA

Ponpes Salman Al-Farisi kembali menorehkan prestasi. Hammam Arsya Kanaya, ustadz muda yang mewakili pesantren untuk mengikuti perlombaan horseback archery (HBA) berhasil menjadi juara pertama.

Lomba horseback archery atau panahan berkuda diselenggarakan oleh Perkumpulan Pemanah Berkuda (Perdana), di Lapangan Kwarasan, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, pada hari Ahad (28/8/2022).

Hammam Arsya Kanaya menyisihkan 31 peserta HBA dari berbagai daerah dalam perlombaan tersebut. Atas prestasinya itu, ia akan mewakili Perdana cabang Jateng dalam kejuaraan nasional yang akan diadakan di Banten pada 8-9 Oktober 2022 mendatang.

“Saya tidak pernah berpikir untuk kemenangan dalam lomba tapi saya mencari pengalaman dan latihan yang diadakan secara Bersama,” kata Hammam.

Untuk diketahui, Ponpes Salman Al-Farisi selama ini memiliki kegiatan ekstrakulikuler furusiyah yang diikuti para santri. Furusiyah atau kepanduan meliputi keterampilan berkuda, memanah dan yang lainnya. Hal ini merupakan bagian dari perintah Allah Ta’ala agar kaum Muslimin mempersiapkan kekuatan,

وَأَعِدُّوا لَهُمْ مَا اسْتَطَعْتُمْ مِنْ قُوَّةٍ وَمِنْ رِبَاطِ الْخَيْلِ

“Dan persiapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dan dari kuda-kuda yang ditambat” (QS. Al Anfāl: 60).

Penataan keterampilan furusiyah di Ponpes Salman Al-Farisi, selain kegiatan fisiknya, juga akan diajarkan ilmu sesuai literatur kitab-kitab furusiyah warisan para ulama salafus shalih.

Check Also

Bencana

Mekah dahulu dikenal sebagai kota yang aman tentram dan diliputi kemakmuran. Para penduduknya mendapatkan berbagai …