Pos Peduli

Pondok Salman Al-Farisi Peduli atau disingkat Pos Peduli adalah lembaga yang bergerak di bidang sosial dan kemanusiaan yang resmi dibentuk dalam rapat pengurus harian yang dipimpin oleh Ketua Pembina Yayasan Pondok Pesantren Salman Al-Farisi, Ustadz Abdul Rochim Ba’asyir Lc. di kantor sekretariat yayasan di Dusun Bakalan, Desa Harjosari, Karangpandan, Karanganyar, Jawa Tengah, pada Kamis (26/8/2021).

Lembaga tersebut dikelola oleh Divisi Dakwah dan Humas Yayasan Ponpes Salman Al-Farisi, yang mengemban tugas dengan berbagai program kepedulian terhadap umat. Hal ini merupakan bagian dari dakwah bil hal, yakni memberikan aksi nyata yang mengawal dakwah Islam, agar lebih mudah diterima masyarakat. Dasar permikiran kegiatan tersebut adalah hadits Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam,

عَنْ  أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ  عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  قَالَ  مَنْ نَـفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُـرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا ، نَـفَّسَ اللهُ عَنْهُ كُـرْبَةً مِنْ كُـرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ، وَمَنْ يَسَّرَ عَلَـى مُـعْسِرٍ ، يَسَّـرَ اللهُ عَلَيْهِ فِـي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang melapangkan satu kesusahan dunia dari seorang Mukmin, maka Allâh melapangkan darinya satu kesusahan di hari Kiamat. Barangsiapa memudahkan (urusan) orang yang kesulitan, maka Allâh ‘Azza wa Jalla memudahkan baginya (dari kesulitan) di dunia dan akhirat. (HR. Muslim).

Adapun motto Pos Peduli adalah “Tebar Kebaikan Tuai Keberkahan” diharapkan dengan membantu sesama kaum Muslimin, Allah memberikan keberkahan kepada semua pihak yang ikut serta dalam berbagi kebaikan. Sebagaimana diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam,

أنفقي أَوِ انْفَحِي ، أَوْ انْضَحِي ، وَلاَ تُحصي فَيُحْصِي اللهُ عَلَيْكِ ، وَلاَ تُوعي فَيُوعي اللهُ عَلَيْكِ

“Infaqkanlah hartamu. Janganlah engkau menghitung-hitungnya (menyimpan tanpa mau mensedekahkan). Jika tidak, maka Allah akan menghilangkan berkah rezeki tersebut. Janganlah menghalangi anugerah Allah untukmu. Jika tidak, maka Allah akan menahan anugerah dan kemurahan untukmu.” (HR. Bukhari no. 1433 dan Muslim no. 1029, 88)

Ibu Bathal berkata tentang hadits di atas,

دَلَّ هذا الحديث أنَّ الصدقة قد تنمى المال، وتكون سببًا إلى البركة والزيادة فيه، وأن من شح ولم يتصدق، فإن الله يوكى عليه، ويمنعه من البركة فى ماله والنماء فيه

“Hadits ini menunjukkan, bahwa sedekah itu dapat mengembangkan harta. Maksudnya adalah sedekah merupakan sebab semakin berkah dan bertambahnya harta. Barangsiapa yang memiliki keluasan harta, namun enggan untuk bersedekah (mengeluarkan zakat), Allah akan menahan rezeki darinya. Allah akan menghalangi keberkahan hartanya. Allah pun akan menahan perkembangan hartanya.” (Syarh Ibnu Bathal, V/483).

Logo

Logo Pos Peduli adalah bintang segi delapan yang melambangkan delapan pintu surga. Beramal shalih lewat berbagai program Pos Peduli semoga menjadi wasilah membuka peluang seluas-luasnya memasuki surga Allah Ta’ala.

Simbol cahaya fajar sebagai harapan baru yang lebih baik. Dua tangan merupakan simbol tolong-menolong antar sesama kaum Muslimin.

Kitab menjadi landasan amal shalih agar sesuai dengan hukum-hukum syar’i yang ditetapkan dalam Islam

Warna hijau sebagai warna kesukaan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai simbol ittiba’ di atas sunnah. Kemudian warna kuning emas menggambarkan bahwa menghilangkan kesulitan kaum Muslimin adalah sebuah amal mulia. Terakhir warna putih melambangkan ketulusan tanpa pamrih. Karena salah satu syarat diterimanya amal shalih adalah ikhlas.

Visi, Misi dan Tujuan

Sebagaimana layaknya sebuah lembaga, Pondok Pesantren Salman Al-Farisi (Pos Peduli) juga memiliki visi, misi dan tujuan. Hal ini sebagai tolak ukur untuk mencapai kemajuan lembaga tersebut. Adapun secara rinciannya adalah berikut:

Visi

Menjadi lembaga filantropi yang profesional berbasis pesantren dan kedermawanan masyarakat untuk mendukung peradaban Islam

Misi

  1. Mengelola potensi kedermawanan untuk menyejahterakan masyarakat
  2. Menjadikan pesantren pemberi solusi dan melayani kebutuhan umat
  3. Optimalisasi santri agar memiliki kepekaan sosial

Tujuan

  1. Membantu masyarakat yang awalnya mustahiq menjadi munfiq
  2. Menopang program pendidikan berbasis Al-Qur’an ke tengah masyarakat
  3. Memberdayakan santri yang tanggap dan peduli masyarakat sekitar

Program  

  1. Santri Peduli
    Program ini melibatkan para santri Ponpes Salman Al-Farisi sebagai relawan. Tujuannya agar mereka memiliki kepekaan sosial, sekaligus belajar mencari solusi problematika masyarakat. Para santri akan diminta untuk menggalang dana, hingga menyalurkan bantuan langsung kepada para mustahiq.
  2. Santunan yatim dan dhuafa
    Pemberian bantuan kepada anak-anak yatim dan para dhuafa, baik berupa santunan tunai atau Sembako kepada mereka. Santunan juga bisa diberikan berupa voucher belanja yang akan terintegrasi dengan toko-toko muslim milik tetangga.
  3. Pembiayaan Rumah Quran (RumahQu) Salman Al-Farisi
    Program ini untuk menopang operasional berdirinya RumahQu dengan target di setiap kecamatan di Kabupaten Karanganyar maupun Solo Raya. Bahkan, tidak menutup kemungkinan akan dibuka di berbagai daerah. RumahQu didirikan untuk mengentaskan buta Al-Qur’an di tengah masyarakat. RumahQu mengajarkan Al-Qur’an secara gratis, agar lantunan Al-Qur’an bisa didengar di tiap-tiap rumah kaum Muslimin.
  4. Program Pembiayaan Dai Muallim Al-Qur’an (MULQI)
    Para dai yang mengajarkan Al-Qur’an kepada kaum Muslimin baik anak-anak dan dewasa, membutuhkan support operasional di lapangan. Mereka tergabung dalam Komunitas Sobat Qur’an (KSQ) sebuah wadah komunitas di bawah bimbingan Yayasan Pondok Pesantren Salman Alfarisi yang saat ini membina anak-anak, remaja hingga para muhajir (ex preman) yang telah bertaubat.
  5. Dukungan Beasiswa Penghafal Al-Qur’an
    Para penghafal Al-Qur’an yang tidak memiliki biaya untuk menuntut ilmu, mendapatkan bantuan pendidikan. Program ini di pesantren Salman Alfarisi disebut dengan program kafalah, yakni mencari orang tua asuh yang bersedia membiayai beasiswa penghafal Al-Qur’an. Program ini juga akan dikembangkan untuk pembiayaan para huffazh yang berangkat ke luar negeri untuk menuntut Ilmu.
  6. Kedaruratan dan Pemulasaraan Jenazah
    Membantu masyarakat dalam pelayanan kesehatan seperti khitanan massal, pengobatan gratis, penyediaan ambulance dan lain-lain. Kemudian, penyelenggaraan pemulasaraan jenazah, yakni mengurus jenazah dari mulai penyediaan kain kafan, memandikan, mengafani hingga memakamkan serta dibuka pula wakaf lahan pemakaman muslim.
  7. Sedekah Jum’at
    Kegiatan memberikan bantuan baik berupa makanan atau lainnya kepada masyarakat secara khusus di hari jum’at. Program ini melibatkan para ummahat dan santriwati mengolah atau memproduksi makanan siap saji yang dibagikan kepada masyarakat.
  8. Sedekah Air
    Melakukan pengadaan air ke tengah masyarakat yang mengalami kekeringan. Bantuan bisa berupa pembangunan sumur, pipanisasi dan distribusi air bersih dengan mobil tangki kepada masyarakat.
  9. Tanggap Bencana
    Program ini membantu masyarakat yang tengah dilanda bencana, meliputi pemberian bantuan, evakuasi korban, trauma healing dan lain sebagainya.
  10. Infaq Produktif
    Memberikan bantuan modal usaha kepada masyarakat agar mereka bisa mandiri secara ekonomi yang disertai dengan pendampingan dan bimbingan agar usaha bisa berjalan dengan baik dan berkembang berkah. Beberapa bentuk pelaksanaan program ini juga bisa terintegrasi dengan program no 2.

Program Pos Peduli insya Allah akan terus bertambah seiring dengan meningkatnya sumber daya kedermawanan dari para muhsinin.

Penutup

Hadirnya Pondok Pesantren Salman Al-Farisi Peduli (Pos Peduli), diharapkan bisa memberikan kontribusi positif serta solusi ke tengah masyarakat.

Pos Peduli juga mengajak kaum Muslimin untuk meningkatkan amal shalih, agar investasi pahala terus mengalir dan peluang memasuki pintu surga semakin lebar. Bagi para muhsinin yang ingin berpatisipasi, bisa disalurkan melalui Rekening BSI 5000440002 atas nama Salman Al-Farisi Peduli, kontak Admin 082211 600 200.

Semoga Allah Ta’ala memberikan pahala yang berlipat ganda, kepada seluruh pihak yang telah membantu, baik para pengurus yayasan, para asatidz, santri dan muhsinin. Billahit taufiq, walhamdulillahi rabbal ‘alamin.