Pengajian & Bakti Sosial Kesehatan di Masjid Al-Ikhlas Dayu Karangpandan

Acara bakti sosial kesehatan yang dilaksanakan pada hari Kamis, 25 Januari 2024, di Masjid Al-Ikhlas Dayu, Karang Pandan, Kabupaten Karanganyar, merupakan langkah positif dalam mempererat hubungan antara pondok pesantren dan masyarakat sekitar. Acara yang diorganisir oleh divisi Dakwah dari unit Pos Peduli Ponpes Salman Al-Farisi berhasil menarik perhatian sekitar ±30 peserta, menunjukkan dukungan dan antusiasme masyarakat terhadap kegiatan tersebut.

Pembukaan acara dengan shalat Maghrib, diikuti oleh tausiyah seputar Thibbun Nabawi oleh Ustadz Adiyat Zubair, memberikan nuansa keagamaan yang memberi hikmah kepada peserta. Praktik thibun Nabawi yang dilakukan setelah bada isya’, melibatkan terapis seperti Ust Abu Dzar dan Thabib Andi, beserta bantuan para santri yang sudah mengikuti maharah keterampilan dalam thibun Nabawi, memberikan pengalaman langsung kepada masyarakat.

Berbagai terapi kesehatan tradisional Islam seperti bekam api, bekam basah, fasdu, akupunktur, pijat refleksi, dan terapi panas menjadi bagian dari kegiatan ini. Hal ini menunjukkan komitmen untuk memberikan layanan kesehatan alternatif yang diambil dari ajaran Islam kepada masyarakat. Dengan membuka layanan ini untuk umum, acara tersebut berpotensi memberikan manfaat kesehatan bagi banyak orang.

Lebih dari sekadar kegiatan kesehatan, acara ini diarahkan untuk mempererat ikatan antara pondok pesantren dan masyarakat setempat. Semangat berbagi dan kesejahteraan masyarakat menjadi fokus utama, menciptakan iklim harmoni dan saling peduli di antara semua peserta. Semoga keberhasilan acara ini dapat menjadi inspirasi bagi kegiatan serupa di masa mendatang, memperluas dampak positifnya untuk kaum muslimin dan masyarakat umum.

Check Also

Pembukaan Rumah Qur’an Salman Al Farisi Di Dusun Tanggalan (TPA Al-Azhar)

Alhamdulillah pada hari Jumat, 8 Desember 2023 telah diresmikan Rumah Qur’an Salman Al Farisi cabang …