PP Salman Al-Farisi

Seorang santri sedang mulazamah dengan ustadz

Merupakan pondok pesantren dengan proses KBM menggunakan konsep mulazamah (talaqi) meniru pesantren-pesantren abad-abad awal Islam. setiap santri ditata untuk langsung menerima ilmu dari guru secara privat dengan membersamainya dalam kesehariannya.

Guru akan menyesuiakan materi sesuai dengan kemampuan masing-masing santri. Dengan sistem seperti ini, santri tidak terbebani dengan banyak pelajaran namun bisa menguasai materi yang sedang didalaminya secara fokus dan terarah.

Mulai berdiri pada tahun 2010, pendidikan di PP Salman Al-Farisi memfokuskan pada pembinaan akhlak, tahfizhul Quran dan hadits serta bahasa Arab. Berawal dari sebidang tanah wakaf seluas 4500m2 di Kecamatan Karangpandan Karanganyar milik Bp. H. Kusuma Putra rahimahullah yang diserahkan kepada Ust. Abu Bakar Baasyir.

Kemudian Ust. Abu menugaskan putranya Ust. Abdul Rahim Baasyir, Lc untuk mewujudkan keinginan Bpk. H. Kusuma mendirikan pesantren pendidikan Al-Quran. Kini PP Salman Al-Farisi telah memiliki fasilitas bangunan lengkap seperti masjid, asrama, ruang belajar. Saat ini, Yayasan sedang mengembangkan komplek Salman Al-Farisi 2 yang terletak di Blumbang Tawangmangu Karanganyar.

Pondok Pesantren Islam Salman Al-Farisi Putri

Yayasan Ponpes Salman Al-Farisi mulai merintis unit putri untuk mulazamah usia SMP pada syawal 1440/2019. Komplek putri terletak di Komplek Pondok pesantren Putri sekitar 10 menit dari komplek putra Karangpandan.

Link Terkait

Informasi mengenai Pondok Pesantren silahkan pelajari melalui tautan berikut: