KSQ Wisuda Khatam Iqro’ Ibu-ibu Pedagang Pasar

Belajar membaca Iqro’ adalah sesuatu yang biasa bagi anak-anak Muslim. Tetapi untuk orang dewasa atau lanjut usia (Lansia) belajar membaca Iqro’ tidak mudah bagi mereka. Buku Iqro’ adalah buku teks yang terdiri dari enam jilid, biasanya digunakan anak-anak TK, TPA, sampai awal sekolah dasar sebagai batu loncatan awal untuk dapat membaca Al-Qur’an.

Meski usia sepuh, tak menghalangi semangat belajar kaum ibu pedagang pasar Bekonang, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Para kaum ibu tersebut terkumpul dalam Pengajian Pedagang Pasar Bekonang.  Sebuah wadah belajar agama non formal yang digerakkan oleh Komunitas Sobat Qur’an (KSQ) bekerjasama dengan komunitas hijrah, Eks Preman Solo (Espresso). KSQ sendiri berada di bawah naungan Divisi Dakwah Yayasan Pondok Pesantren Salman Al-Farisi.

Menurut Ustadz Budi, pengasuh KSQ cabang Sukoharjo kegiatan pengajian bagi para pedagang pasar Bekonang sudah berjalan hampir setahun. Para santri sangat antusias, bahkan kajian tersebut kini diikuti warga desa sekitar pasar.

“Sudah berjalan hampir setahun, sekarang ini sudah mencapai 37 peserta dan antusiasnya itu sampai di luar pedagang pasar, di kampung-kampung. Mereka para pedagang pasar mengajak tetangganya untuk mengaji di situ,” kata Ustadz Budi, Rabu (14/9/2022).

Di antara para peserta itu ada Mbah Yoso, pedagang pasar yang usianya sudah 78 tahun. Ia adalah santriwati tertua yang baru saja bergabung pengajian pedagang pasar.

Kemudian, ada Ibu Suratmi dan Ibu Sri Bidiyarti, dua santriwati yang baru saja diwisuda setelah lulus mengkhatamkan Iqro’. Demikian pula Ibu Winarni dan Ibu Sadinem, mereka adalah santriwati teladan yang rajin ikut mengaji dan sangat jarang absen.

Begitulah kegiatan kajian pedagang pasar yang digelar oleh KSQ dalam rangka memasyarakatkan Al-Qur’an. Untuk diketahui, kajian pedagang pasar juga telah berjalan di Pasar Karangpandan, rencananya akan dibuka pula kajian di Pasar Sukoharjo dan Pasar Matesih.

Bagi kaum muslimin yang ingin belajar membaca Al-Qur’an, dipersilahkan untuk turut serta dalam kegiatan kajian pedagang pasar dengan mendatangi langsung ke lokasi atau menghubungi admin pengurus KSQ: 0823 9800 5800. Kajian tersebut gratis tanpa dipungut biaya.

Check Also

Santri Ponpes Salman Al-Farisi Khatamkan Al-Qur’an Bersama Bupati Karanganyar

Santri Pondok Pesantren Salman Al-Farisi menghadiri undangan khataman Al-Qur’an 30 juz di Masjid Agung Madaniyah …