Breaking News

Tapak Tilas Patih Nerangkusumo Santri Longmarch ke Bukit Mongkrang

{:en}

Santri Pondok Pesantren Islam Salman Al-Farisi melakukan longmarch ke Bukit Mongkrang yang memiliki ketinggian 2194 Mdpl, Sabtu (26/1/2019). Kegiatan selama dua hari ini diikuti oleh 140 santri penghafal Al-Quran.

Menurut Ust. Suryo penitia kegiatan, longmarch dimaksudkan untuk tapak tilas perjuangan Patih Nerangkusumo di Tawangmangu. Patih Nerangkusumo adalah panglima Kerajaan Islam Mataram yang memilih meninggalkan kenikmatan istana dan berjihad melawan Belanda.

Pertempuran paling heroik antara pasukan Patih Nerangkusumo dengan Belanda yaitu pertempuran melawan pasukan Kapten Francois Track pada 1688. Saat itu Track terbunuh di dekat Gerojokan Sewu. Setelah kekalahan Belanda, Patih Nerangkusumo melakukan ribat dan dakwah di sekitaran wilayah Gunung Lawu.

Para santri mulai perjalanan tapak tilas dari Komplek PP Salman Al-Farisi 1 Karangpandan dengan rute Pondok Pesantren Isy Karima, Komplek PP Salman Al-Farisi 2, Gerbang Wisata Tawangmangu, Kantor Camat Tawangmangu dan Bukit Mongkrang lalu kembali ke Komplek Salman Al-Farisi 2.

Bukit Mongkrang yang terletak di Tlogo Dringo, Gondosuli, Tawangmangu dipilih karena memiliki keindahan padang savana yang sangat keren, Masya Allah. Lokasinya persis sebelah selatan Gunung Lawu area Bascame Cemoro Sewu.

Disebelah Bukit Mongkrang berjejer bukit-bukit lainnya seperti Sidoramping dan Jobolarangan. Bukit-bukit ini menjadi pemisah dari tiga kabupaten yaitu Karanganyar, Wonogiri dan Magetan.

{:}{:ar}

.

{:}

Check Also

Pengajian & Bakti Sosial Kesehatan di Masjid Al-Ikhlas Dayu Karangpandan

Acara bakti sosial kesehatan yang dilaksanakan pada hari Kamis, 25 Januari 2024, di Masjid Al-Ikhlas …