Peningkatan Pelayanan dan Mekanisme PSB 1441

222
.

Tes Penerimaan Santri Baru tahun ajaran 1441/1442 H yang dilaksanakan pada 22-24 Desember telah selesai, Alhamdulillah. PSB merupakan agenda tahunan PPI Salman Al-Farisi yang sangat penting karena hadirnya banyak tamu yang harus dimuliakan.

Sebab itu, PPI Salman Al-Farisi selalu melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas dari evaluasi-evaluasi PSB sebelumnya. Berikut adalah beberapa perbaikan dan peningkatan pelayanan PSB tahun ini:

Pelayanan Tamu

  1. Kami telah menyederhanakan konsep ujian sehingga bisa lebih cepat selesainya dari tahun lalu. Bahkan secara umum, zhuhur telah selesai semua.
  2. Snack alhamdulillah tidak ada yang basi tidak seperti tahun lalu yang basi karena ketidaksengajaan.
  3. Kami menyediakan ruang tunggu bagi wali sehingga semuanya terkonsentrasi dalam satu tempat dan lebih rapi. Alhamdulillah tidak hujan sehingga wali bisa menunggu dengan nyaman.
  4. Pemanggilan dengan pengeras suara sesuai nomor urut. Peserta tinggal menunggu panggilan saja.
  5. Tes wawancara calon wali santri terkonsentrasi pada satu tempat. Sehingga memudahkan dan mempercepat pelaksanaan ujian.

Demikian pula pelaksanaan ujian PSB putri, kami memakai tempat yang lebih luas dengan privasi yang lebih maksimal dari tahun lalu.

Sistem Pengujian

  1. Terdapat beberapa penyempurnaan sistem ujian yang lebih terbuka. Wawancara wali juga disertakan lembaran komitmen yang harus ditanda tangani wali. Sehingga menjadi pertimbangan kami saat menentukan penerimaan santri.
  2. Melakukan penilaian dari sisi karakter anak sehingga langsung bisa diketahui karakternya masing-masing.
  3. Pertanyaan-pertanyaan lebih ketat dari sebelumnya dengan sistem penilaian yang langsung bisa diketahui si anak layak diterima atau tidak.

Peningkatan pelayanan dan sistem pengujian ini semata-mata untuk memuliakan tamu kami dan sebagai ikhtiyar menemukan bibit-bibit unggul yang siap dikader menjadi ulama.