Peduli Gempa Cianjur

Musibah gempa bumi dengan magnitudo 5,6 SR mengguncang kota Cianjur pada Senin, 21 November 2022 pukul 13.21.10 WIB. Gempa tektonik yang terjadi pada kedalaman 11 km itu diikuti 15 kali gempa susulan dengan magnitudo terbesar 4,0 SR hingga pukul 14.00 WIB (Senin, 21/11/2022).

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendata sebanyak 268 orang meninggal dunia dan 151 orang hilang. Sementara korban luka-luka sebanyak 1.083 orang, warga yang mengungsi sebanyak 58.362 jiwa serta kerusakan infrastruktur seperti rumah berjumlah 22.198 unit. Data tersebut kemungkinan masih akan bertambah seiring berjalannya waktu kegiatan tanggap bencana.

Menyikapi musibah tersebut, Ponpes Salman Peduli (Pos Peduli) membuka donasi untuk membantu para korban bencana. Berdasarkan informasi yang dihimpun, berbagai kebutuhan bagi para penyintas gempa Cianjur, di antaranya:

  1. Genset
  2. Tenda
  3. Obat-obatan
  4. Makanan
  5. Baby kit
  6. Sembako
  7. Hygiene kit
  8. Alat shalat
  9. Air bersih
  10. Selimut dan Alas tidur

Para korban bencana gempa bumi Cianjur menunggu uluran tangan para muhsinin/donatur. Dengan membantu meringankan penderitaan mereka, pada dasarnya juga membantu diri kita sendiri kelak di yaumil qiyamah, sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam,

مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا نَفَّسَ اللَّهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ، وَمَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ يَسَّرَ اللَّهُ عَلَيْهِ فِى الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ

“Barangsiapa yang membantu seorang muslim (dalam) suatu kesusahan di dunia maka Allah akan menolongnya dalam kesusahan pada hari kiamat, dan barangsiapa yang meringankan (beban) seorang muslim yang sedang kesulitan maka Allah akan meringankan (bebannya) di dunia dan akhirat.” (HR. Muslim).

Mari ringankan saudara kita yang tertimpa musibah gempa di Cianjur. Salurkan donasi anda melalui Ponpes Salman Al-Farisi Peduli (Pos Peduli) rekening BSI 5000440002, atas nama Salman Al-Farisi Peduli. Untuk informasi lengkap dan konfirmasi donasi bisa menghubungi admin Pos Peduli 0823 9800 5800.

Check Also

Bencana

Mekah dahulu dikenal sebagai kota yang aman tentram dan diliputi kemakmuran. Para penduduknya mendapatkan berbagai …