Breaking News

Ponpes Salman Al-Farisi Gelar Perkemahan Santri Putra

Menjelang liburan semester, Pondok Pesantren Salman Al-Farisi menggelar kegiatan mukhayamah atau camping di bumi perkemahan Taman Hutan Raya (Tahura) KGPAA Mangkunegoro I. Lokasinya terletak di lereng Gunung Lawu, tepatnya di kompleks belakang Candi Sukuh, Desa Berjo, Ngargoyoso Karanganyar, Jawa Tengah.

Kegiatan perkemahan merupakan kegiatan rutin tahunan. Rencananya kegiatan tersebut akan berlangsung hari Senin (11/10/2021)hingga hari Kamis (14/10/2021) mendatang. Kegiatan berisi outbound, keterampilan olah fisik, baris berbaris, daurah jurnalistik, hiking dan lain-lain.

Ustadz Abdul Rochim Ba'asyir, Lc. Selaku Ketua Yayasan Ponpes Salman Al-Farisi, hadir membuka perkemahan santri. Ia menekankan bahwa kegiatan perkemahan merupakan tarbiyah yang mengasah kesucian jiwa dan tadabbur alam

"Ini merupakan ajang pelatihan bagi para santri untuk menyucikan jiwa; ikhlas, membangun ukhuwah yang direalisasikan dalam sikap saling mencintai, khidmat dan itsar. Selain itu, santri juga tadabbur alam, belajar dari alam bagaimana Allah menciptakan alam ini dengan berbagai tugas masing-masing," ujar Ustadz Iim -sapaan akrabnya- dalam sambutan pembukaan perkemahan santri, Senin (11/20/2021).

Ustadz Iim mengutip firman Allah,

لَا ٱلشَّمْسُ يَنۢبَغِى لَهَآ أَن تُدْرِكَ ٱلْقَمَرَ وَلَا ٱلَّيْلُ سَابِقُ ٱلنَّهَارِ ۚ وَكُلٌّ فِى فَلَكٍ يَسْبَحُونَ

Tidaklah mungkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malampun tidak dapat mendahului siang. Dan masing-masing beredar pada garis edarnya. (QS. Yasin: 40)

Hal senada juga disampaikan Ustadz Hizbullah, selaku Ketua Idarah Putra Ponpes Salman Al-Farisi, perkemahan memberikan nilai pendidikan dalam hal kedisiplinan, kekompakan dan kepemimpinan.

“Merangsang anak untuk tanggap akan kondisi dan lingkungan serta sigap dalam menyikapi kondisi tersebut. Disiplin dalam mematuhi aturan dan instruksi yang diberikan. Ketaatan pada pimpinan membangun kebersamaan dan kekompakan dalam kerja sama tim,” kata Ustadz Hizbullah, Selasa (12/10/2021).

Diharapkan para santri yang mengikuti perkemahan bisa menjadi pribadi yang tanggap, peduli, sigap serta disiplin dalam memimpin maupun ketika dipimpin.

Check Also

Takrim Sanad Santriwati dan Ustadzaat Pp Salman AL Farisi

Alhamdulillah, telah terlaksana Takrim Sanad Matn Jazariyyah dan Tuhfatu al Athfal, serta Sanad Bacaan Qiro'ah …