Bersahabat dengan Manusia Langit

320
.

وعن عائشة رضي اللَّه عنها قالَتْ: قالَ رسولُ اللَّهِ ﷺ: الَّذِي يَقْرَأُ القُرْآنَ وَهُو ماهِرٌ بِهِ معَ السَّفَرةِ الكِرَامِ البَرَرَةِ،

Dari ibunda Aisyah radhiyallahu anha berkata, bersabda Rasulullah shalallahu alaihi wassalam : “Orang yang mahir membaca Al-Quran dibersamai Malaikat yang mulia.” (Muttafaq alaih)

Dalam riwayat lainnya:

مثل الذي يقرأ القرآن وهو حافظ له مع السفرة الكرام البررة

“Permisalan orang yang membaca Al-Quran dan dia menghafalnya dibersamai Malaikat yang mulia.” (Muttafaq alaih)

Faidah Hadits

Membaca Al-Quran dan menghafalnya merupakan amalan yang dicintai namun berat dilaksanakan. Sebab itu, mereka yang sungguh-sungguh belajar membaca Al-Quran mendapat keutamaan yang sangat tinggi; dibersamai malaikat.

Betapa indahnya menjadi orang yang mahir membaca Al-Quran dan menghafalnya, karena dia selalu ditemani malaikat kemanapun dia melangkah. Saat sendiri, ketika bepergian, ketika bahagia, sedih bahkan tidur selalu dijaga oleh malaikat yang mulia.

Syeikh Bin Baz rahimahullah menjelaskan tentang hadits ini:

“Orang yang bagus bacaannya dan menghafalnya dengan baik bersama malaikat mulia dengan syarat: Dia membaca dan mengamalkannya, bukan hanya membaca dengan bacaan yang indah saja.”

Belajar Al-Quran seperti mendaki gunung terjal. Perlu kesabaran dan pengorbanan waktu dan harta yang tidak sedikit. Tetapi saat dia berhasil mencapainya, keberkahan melimpah ruah karena doa malaikat yang selalu mengiringinya.