Adab dan Al-Qur’an, Pelajaran Pertama bagi Santri Baru Ponpes Salman Al-Farisi

92
.

PP SALMAN AL-FARISI – Para santri baru mulai mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) di Pondok Pesantren Salman Al-Farisi (PPSF). Ustadz Saifuddin, salah seorang asatidz PPSF menyampaikan, pelajaran pertama yang diterima santri adalah tentang adab dan Al-Qur’an.

“Pembelajaran pertama mereka adalah adab dan Al-Quran. Kitab yang mereka pelajari pertama adalah Al-Lubab. Kami berharap sebelum mereka mempelajari ilmu, meraka sudah belajar adab dan tentunya adab itu terwujud dalam kehidupan sehari-hari,” kata Ustadz Saifuddin, Ahad (13/6/2021).

Selanjutnya, para santri dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu:

  1. Santri yang sudah selesai 30 juz maka akan mengikuti program itqan, untuk persiapan tasmi’ 30 juz sekali duduk.
  2. Santri yang sudah bagus bacaan Al-qurannya maka mengikuti program tilawatil quran, yaitu membaca Al-quran sampai 30 kali
  3. Santri yang kurang bagus maka akan mengikuti program tahsin metode ketukan

“Metode ketukan adalah metode membaca Al-Quran dengan ketukan di setiap huruf dan hukum-hukum tajwidnya. Metode ini di dukung dengan mushaf rasm al-utsmani,” jelas Ustadz Saifuddin.

Melalui metode ketukan, para santri diharapkan mampu menguasai serta melafalkan huruf dengan talqin dan mengetahui cara penulisan huruf.

Kegiatan belajar disambut antusias oleh para santri. Semoga para santri bisa menyerap ilmu dengan baik dan mengamalkannya.