Pondok Salman Peduli (Pos Peduli) Berangkatkan Kafilah Dakwah ke Lokasi Terdampak Bencana

46
.

Ponpes Salman Peduli (Pos Peduli), memberangkatkan para santri untuk berdakwah di lokasi terdampak bencana. Pembekalan terakhir dan pelepasan para dai dilakukan usai shalat Shubuh berjamaah.

Para dai yang diberangkatkan akan bertugas membina masyarakat dengan program dakwah, trauma healing dan kemanusiaan, di sekitar Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Menjelang keberangkatan, para santri mendapat pembekalan dari Ustadz Nur Fajriansyah, selaku Kepala Bagian Pendidikan, Ponpes Salman Al-Farisi. Ia menjelaskan bahwa ujung dari thalabul ilmi, adalah khidmah kepada umat. Di sisi lain dakwah kepada masyarakat terdampak bencana adalah tugas mulia.

“Saya lebih bangga, satu murid saya yang mengajarkan iqra di lereng gunung, dari pada murid saya yang sukses dalam urusan dunia. Kenapa? Karena jauh manfaatnya lebih besar yang didapat umat,” kata Ustadz Fajri mengutip perkataan seorang ulama, pada sesi pembekalan, hari Kamis (13/1/2022).

Ustadz Fajri juga menyampaikan hadits Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam,

مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا نَفَّسَ اللَّهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَمَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ يَسَّرَ اللَّهُ عَلَيْهِ فِى الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمًا سَتَرَهُ اللَّهُ فِى الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ وَاللَّهُ فِى عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كَانَ الْعَبْدُ فِى عَوْنِ أَخِيهِ

“Siapa yang menyelesaikan kesulitan seorang mukmin dari berbagai kesulitan-kesulitan dunia, niscaya Allah akan memudahkan kesulitan-kesulitannya pada hari kiamat. Siapa yang memudahkan orang yang sedang kesulitan niscaya akan Allah mudahkan baginya di dunia dan akhirat. Siapa yang menutupi seorang muslim Allah akan tutupkan aibnya di dunia dan akhirat. Allah selalu menolong hambanya selama hambanya menolong saudaranya,” (HR. Muslim).

“Ini adalah salah satu amal shalih terbaik. Menghilangkan kesedihan kaum muslimin, membantu mereka. Sehingga hadirnya kita menjadi sebab kebaikan bagi orang lain, terangkatnya kesedihan mereka, kita bantu kesusahan mereka. Bahwasanya, seseorang yang menyelesaikan hajat (kebutuhan) saudaranya, maka Allah menyelesaikan urusannya. Maka inilah kaidah yang harus kita pegang,” jelas Ustadz Fajri.

Usai pembekalan, selanjutnya dilakukan pelepasan para santri yang akan berangkat ke lokasi bencana. Kegiatan dilaksanakan di halaman Ponpes Salman Al-Farisi di hadapan para santri lainnya. Ustadz Abdurrahim, mewakili Mudir Ponpes Salman Al-Farisi, melepas santri yang akan bertugas.

Mohon doa kaum Muslimin, semoga kegiatan dakwah dan kemanusiaan di lokasi terdampak erupsi Semeru bisa berjalan dengan lancar.

Bagi para muhsinin yang ingin berpartisipasi dalam program pengiriman dai di lokasi bencana, bisa menyalurkan donasinya melalui Rekening BSI 5000440002 atas nama Salman Al-Farisi Peduli. Untuk informasi bisa menghubungi admin Pos Peduli ke 0823 9800 5800.