Breaking News

Cara Menolak Kejahatan Seseorang

Allah ta’ala berfirman :

ٱدْفَعْ بِٱلَّتِى هِىَ أَحْسَنُ فَإِذَا ٱلَّذِى بَيْنَكَ وَبَيْنَهُۥ عَدَٰوَةٌ كَأَنَّهُۥ وَلِىٌّ حَمِيمٌ

“Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia” (Fushilat : 34)

Allah ta'ala yang menciptakan kita dan sangat paham sifat-sifat dan karakter ciptaan-Nya, memberikan kita sebuah rumus bermasyarakat. Karena manusia memiliki sifat-sifat yang bermacam-macam, tentu saja akan ada pergesekan dalam pergaulan.

Ayat diatas, merupakan rumus untuk menahan kejahatan orang yang membenci diri kita atau ingin membahayakan diri kita. Caranya bukan dengan membalas kejahatan orang tersebut tetapi justru membalasnya dengan kebaikan.

Jika seseorang melakukan keburukan terhadapmu, terlebih khusus lagi jika mereka adalah kerabat-kerabatmu, sahabat-sahabatmu, mereka berbuat buruk kepadamu, baik melalui lisan mereka maupun perbuatan mereka, maka balaslah mereka dengan perbuatan terpuji. Jika mereka memutus silaturahmi denganmu, maka sambunglah kembali silaturahmi tersebut. Jika mereka berbuat zholim kepadamu, maka maafkanlah.

Jika mereka menjelek-jelekkanmu, di belakang maupun di hadapanmu, maka jangan engkau jelek-jelekkan mereka kembali, bahkan maafkanlah mereka, dan balas mereka dengan perkataan yang lembut. Jika mereka mengacuhkanmu, tidak mau berbicara denganmu, maka mulailah salam kepada mereka, sapalah mereka dengan baik.

Niscaya jika engkau telah melakukan itu semua, suatu saat nanti mereka akan berbalik menyukaimu, yang sebelumnya memusuhimu, berbalik menjadi teman setiamu.

Sesungguhnya hati manusia ada di antara jari-jariNya, Dialah yang membolak-balikkan hati manusia sesuai kehendakNya. Sangatlah mudah bagi Allah untuk mengubah benci menjadi cinta ataupun sebaliknya.

Check Also

Pembagian warisan.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Mohon ijin bertanya ustadz.✨Seorang nenek meninggal dunia.Ia memiliki 8 anak ???? 4 …