Santri Ponpes Salman Al-Farisi Antusias Ikuti Daurah Furusiyah

73
.

Pondok Pesantren Salman Al-Farisi menggelar daurah furusiyah bagi para santri putra di Masjid Darul Anshar, komplek pesantren.

Ustadz Iqbal Azhar, Lc. Selaku Kepala Bagian Pengembangan Bakat Minat Ponpes Islam Salman Al-Farisi, didaulat sebagai pembicara.

Menurutnya, furusiyah yang menjadi maharah resmi di pesantren, akan ditata lebih baik dan tertib. Para santri yang berminat, maka akan didaftarkan dan dibuatkan jadwal khusus furusiyah.

“Ini menjadi maharah resmi, agar nanti ada jadwal berkuda dan memanah khusus bagi santri yang ingin ikut,” kata Ustadz Iqbal, Rabu (1/9/2021).

Alhamdulillah, kegiatan furusiyah di Ponpes Salman Al-Farisi terus mengalami perkembangan. Kini fasilitas stable (balai berkuda) juga sudah tersedia. Rencananya, kegiatan furusiyah akan dibuka untuk umum.

“Kami akan buka untuk umum, dengan dimulainya daurah fiqih bab musabaqah/perlombaan oleh Ustadz Wahyu, pada bulan depan insya Allah,” ungakapnya.

Untuk diketahui, furusiyah atau keprajuritan meliputi keterampilan berkuda, memanah dan yang lainnya. Hal ini merupakan bagian dari perintah Allah Ta’ala agar kaum Muslimin mempersiapkan kekuatan,

وَأَعِدُّوا لَهُمْ مَا اسْتَطَعْتُمْ مِنْ قُوَّةٍ وَمِنْ رِبَاطِ الْخَيْلِ

“Dan persiapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dan dari kuda-kuda yang ditambat” (QS. Al Anfāl: 60).

Penataan keterampilan furusiyah di Ponpes Salman Al-Farisi, selain kegiatan fisiknya, juga akan diajarkan ilmu sesuai literatur kitab-kitab furusiyah warisan para ulama salafus shalih.