Santri Mandiri Camp 3: Menumbuhkan Kemandirian Anak

144
.

Pondok Pesantren Islam Salman Al-Farisi mengadakan kembali Santri Mandiri Camp angkatan ke 3 dengan peserta terbatas, Rabu (13/1/2021). Kegiatan kali ini dilaksanakan di Vila Pedepokan Lir-ilir Salam Karanganyar selama lima hari.

Santri Mandiri Camp merupakan kegiatan pesantren kilat bagi siswa usia SD sebagai persiapan mondok. Anak-anak akan belajar bagaimana hidup di pesantren terutama pesantren berbasis tahfizh.

“Pada angkatan ke 3 ini kami menerima 14 anak karena situasi masih dalam wabah Covid. Tema kali ini adalah bagaimana menumbuhkan kemandirian anak sebelum masuk pesantren,” terang Ust. Suryo Edi ketua panitia.

Karena Ponpes Salman Al-Farisi merupakan pesantren berbasis Al-Quran, maka keunggulan Santri Mandiri Camp ditekankan dalam bidang tersebut. Alhamdulillah selain kegiatan halaqah tahfizh dan tahsin, para santri mendapat kesempatan talqin.

“Para santri mendapat kesempatan talqin surat Al-Fatihah dan pembenaran tahsinnya bersama Ust. Muhammad Alim Setyawan pemegang Sanad riyawat Hafs an Ashim dari jalur Syatibiyah,” kata Ust. Suryo.

Selain tahfizh dan tahsin, santri juga mendapat bimbingan kemandirian seperti melipat baju, merapikan kamar, kebersihan diri dan lingkungan. Terdapat pula kegiatan furusiyah yaitu memanah dan berkuda serta game edukasi. Pada Sesi akhir, Ust. Sanif Alisyahbana, Lc selaku direktur Ponpes Islam Salman Al-Farisi memberikan beberapa nasihat dalam penutupan sekaligus penyerahan sertifikat.