Ponpes Salman Al-Farisi Jadi Tuan Rumah Seminar Manajemen Kuttab se-Karanganyar

Kuttab Salman Al-Farisi menggelar kegiatan seminar dan diskusi dengan tema “Manajemen dan Pengembangan Pendidikan Kuttab” pada hari Sabtu (22/1/2022) di Aula Masjid Darul Anshar, Komplek Ponpes Salman Al-Farisi, Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Seminar sehari yang berlangsung sejak pagi hingga sore hari itu menghadirkan narasumber pengajar dari Kuttab Darussalam asal DI Yogyakarta. Adapun para hadirin merupakan para mu’allim (guru) dan pegiat pendidikan dari 10 perwakilan kuttab di Jawa Tengah, serta 13 perwakilan kuttab yang diundang secara khusus di sekitar Kabupaten Karanganyar.

“Kuttab adalah sebuah lembaga pendididikan Islam untuk sekolah dasar. Kuttab juga adalah makanun li ta’limin wal qiro’atin lil athfaal, kuttab adalah tempat untuk belajar dan membaca untuk anak usia dasar,” Kata ustadz Rizky selaku Mudir Kuttab Darussalam.

Ustadz Ridwan Lc., selaku Dewan Syari’ah Kuttab Darussalam menambahkan tentang kurikulum utama dalam pembelajaran di kuttab.

 “Secara garis besar kurikulum kutab ada dua; Al-Qur’an dan iman. Jika menelusuri lebih dalam ada banyak hal yang bisa diambil dari Al-Qur’an dan iman,” tuturnya.

Di sisi lain, menurut Derektur Ponpes Salman Al-Farisi, Ustadz Sanif Alisyahbana, Lc., kuttab juga mempunyai strategi untuk membentengi para muridnya dari dampak negatif perkembangan zaman.

“Strategi kami untuk membentengi murid-murid adalah dengan peran guru dan orang tua. Peran orang tua yang lebih penting dalam strategi ini, bagaimana orang tua paham akan kewajiban dia dalam mendidik juga selalu aktif dalam membangun komunikasi dengan guru-guru kuttab,” kata Ustdaz Sanif pada kesempatan yang sama.

Dengan demikian, para murid yang mengenyam pendidikan kuttab, sejak ini sudah mulai diberi pendidikan, agar menjaga diri dari pergaulan bebas serta terpaan fitnah akhir zaman.

“Kami akan meminimalisir potensi-potensi virus yang merusak pada zaman ini, dengan menjaga pergaulan mereka. Insyaa Allah dengan ini mereka akan semakin kuat dari terpaan terpaan badai fitnah di akhir zaman ini,” Imbuh Ustadz Sanif.

Terakhir, Ustadz Adityas selaku Mudir Kuttab Salman Al-Farisi berharap, dengan seminar tersebut semakin meningkatkan kualitas pengajaran para guru.

“Harapan kami setelah dari acara ini adalah para mu’alim kuttab bisa mengupgrade kualitas diri para mu’allim itu sendiri,” tutupnya.

Check Also

Santri Ponpes Salman Al-Farisi Khatamkan Al-Qur’an Bersama Bupati Karanganyar

Santri Pondok Pesantren Salman Al-Farisi menghadiri undangan khataman Al-Qur’an 30 juz di Masjid Agung Madaniyah …