Pasca Daurah Fiqih, Program Mufid Berencana Mengadakan Daurah Terbuka Secara Rutin

625
.

Alhamdulillah, Program Mufid Pondok Pesantren Islam Salman Al-Farisi telah menyelesaikan daurah Fiqih dan Ushul Fiqih pada Kamis 28 November 2019. Menghadirkan DR. Labib Najib Abdullah pakar fiqih dari negeri Yaman diberkati.

Materi daurah membahas dua kitab penting yaitu Al-Fawaid Al-Mardhiyyah Syarh Mutkhtashor Al-Muqoddimah Al-Hadhromiyyah atau biasa disebut Mukhatshor Al-Lathif mengenai fiqih Imam Syafii dan Sulamul Wushul Lukuli Man Yarqa Ilal Ushul mengani ilmu ushul fiqih.

Menurut Ust Wahyu Dwi Prastya, Lc ketua panitia daurah, penyelenggaraan daurah bertujuan agar kita dapat memaksimalkan waktu mendapatkan sesuatu yang lebih banyak. Ilmu yang seharusnya kita tempuh selama beberapa bulan bisa dipadatkan menjadi beberapa hari.

Beliau menambahkan, dengan daurah ini kemampuan ilmiah para santri tahun akhir dan asatid dapat diupgrade. Bahkan santri dan asatid duduk bersama dalam satu majlis untuk bersama-sama thalabul ilmi.

Daurah ini merupakan pertama kali diselenggarakan oleh Pondok Pesantren Islam Salman Al-Farisi yang dibuka untuk umum. Sebelumnya, daurah-daurah yang dibimbing oleh para syeikh dari Timur Tengah atau dalam negeri hanya terbatas untuk santri atau asatid.

“Melalui Program Mufid ini, insya Allah kami berencana membuka daurah yang terbuka untuk umum secara rutin. Dalam berbagai bidang bukan hanya fiqih saja, seperti bahasa, hadist dll,” terang Ust. Wahyu.

Program Mufid adalah unit Ponpes Islam Salman Al-Farisi setingkat mahad aly. Bertempat di Komplek Salman 2 Blumbang.