Master Plan Komplek Putri Ponpes Salman Al-Farisi

1817
.

Yayasan Pondok Pesantren Salman Al-Farisi, tengah membangun pondok khusus putri (santriwati). Pondok putri tersebut terletak  di Desa Harjosari, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Lembaga pendidikan khusus bagi para wanita ini, menetapkan tujuan pendidikan untuk mencetak kader ummahat (ibu) terpelajar yang memiliki karakter keimanan, akhlak mulia, menjadi istri shalihah dan mampu berkiprah dalam iqamatuddin sesuai bidangnya.

Saat ini proses pembangunan pesantren penghafal Al-Qur’an bagi santriwati tengah berlangsung, di atas tanah wakaf seluas 6500 M2 diperkirakan total nilai pembangunan Komplek Pondok putri Salman Al-Farisi membutuhkan biaya sebesar Rp. 8.741.000.000 (delapan milyar tujuh ratus empat puluh satu juta Rupiah).

Agar lebih nyata memberikan gambaran pesantren putri tersebut, Yayasan Ponpes Salman Al-Farisi menyuguhnya master plan pembangunan komplek pondok putri secara keseluruhan.

  1. Kuttab Salman Al-Farisi

Kuttab berada di komplek putri Ponpes Salman Al-farisi. Lembaga pendidikan setingkat sekolah dasar (SD) ini letaknya berada di sebelah barat, persis di belakang papan nama PP. Salman Al-Farisi. Rangkaiannya, terdiri dari beberapa gazebo permanen untuk belajar halaqah para santri, mengingat kuttab tidak menggunakan ruang kelas untuk belajar. Kemudian ada ruang aula di tengahnya. Ruang kantor kuttab, berada di atas, berseberangan rumah para asatidz. Lalu di dekat gerbang masuk, terdapat lahan parkir, arena bermain anak-anak, yang berada di depan kantin.

  1. Rumah Dinas Ustadz/Ustadzah

Rumah dinas para asatidz terletak di bagian barat atas. Ada lima buah rumah dua lantai di bagian depannya yang dikhususkan menjadi tempat tinggal asatidzah yang sudah berkeluarga. Para asatidz tinggal di pesantren, untuk membersamai para santri dan mengurus secara intens kegiatan belajar mengajar mereka.

  1. Rumah dinas mudir dan wakil

Kemudian dua buah rumah di tengah, adalah rumah bagi mudir dan wakilnya. Untuk efisiensi lahan, maka Bagian bawah bangunan akan dipergunakan untuk Unit Kesehatan Pesantren (UKP). Lantai atas digunakan sebagai rumah tinggal.

  1. Asrama Santriwati

Selanjutnya, ada enam buah bangunan dengan tiga lantai yang letaknya berdampingan. Bangunan ini adlaah bangunan asrama snatriwati, lantai dasarnya adalah asrama para musyrifah yaitu para ustadzah yang bertugas mendampingi keseharian santriwati dan membimbing mereka. Lantai kedua berupa sebuah ruang kamar yang digunakan asrama tempat istirahat para santriwati. Lantai tiga adalah fasilitas Sanitasi dan ruang cuci jemur pakaian. Masing-masing asrama berkapasitas 30 santriwati beserta tiga orang musyrifah.

  1. Pantry & Food Court

Bangunan yang memanjang di sebelah timur, difungsikan untuk dapur dan food court di lantai dua. Para santriwati, akan memasak sendiri kebutuhan makanan mereka di tempat tersebut. hal tersebut sebagai bagian dari pembelajaran agar kelak para santriwati tak asing dengan dapur dan siap melaksanakan tugas sebagai ibu rumah tangga. di lantai dasar gedung ini ada kantin dan minimarket yang melayani kebutuhan para santriwati. para santriwati bisa membeli berbagai kebutuhan, dari mulai alat tulis, makanan, perlengkapan mandi, mencuci dan lain sebagainya.

  1. Masjid Aisyah Radhiyallahu ‘anha

Bangunan dua lantai dengan luas 17 x 17 meter persegi ini adalah Masjid Aisyah Radhiyallahu ‘anha, yang terletak di tengah komplek pondok putri. Lantai atas bangunan ini digunakan sebagai sarana ibadah shalat berjamaah dan sebagai lokal utama berbagai aktifitas tarbiyyah dan taklim umum. Lantai dasar bangunan ini akan difungsikan sebagai ruang kantor administrasi para asatidzah, ruang perpustakaan dan aula kegiatan terbatas. Masjid merupakan sarana paling vital di pesantren ini, selain sebagai tempat ibadah juga untuk belajar, tasmi’ dan berbagai kegiatan pertemuan. Kapasitas masjid insya Allah bisa menampung 500 jamaah.

Hingga saat ini, proses pembangunan masih terkendala pendanaan. sedangkan Komplek Pondok Putri ini diharapkan bisa segera selesai pada tahun depan. Karena selama ini para santriwati melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan menumpang di rumah seorang muhsinin yang dipinjamkan kepada yayasan hingga tahun depan. Di sisi lain, kondisi tempat pondok putri tersebut juga sudah penuh. banyaknya minat para santriwati yang ingin mendaftar di PP.Salman Alfarisi putri ini menjadikan proses pembangunan ini berkejaran dengan waktu.

oleh karena itu, Kami mengajak kaum Muslimin untuk ikut serta dalam amal jariyah ini, dengan membantu pembangunan Komplek Pondok Putri Salman Al-Farisi. Mari bantu pembangunan Ponpes Salman Al-Farisi melalui rekening Bank Syariah Mandiri (BSI) 72 7000 8008 atas nama Yayasan Ponpes Salman Al Farisi. semoga upaya ini menjadi Amal yang diridhai Allah swt dan menjadi bagian dari upaya kita melahirkan Generasi Srikandi Qur’ani penerus Risalah Nabi. Amin Yarobbal Alamin.