Kitab Matan Abu Syuja

1760
.

Kitab Al-Ghayah wa At-Taqrib atau yang lebih dikenal sebagai Matan Abu Syuja adalah kitab fikih ringkas milik mazhab Syafi’i yang dikarang oleh Al-Qadhi Abu Syuja. Kitab ini disebut juga Al-Ghayah al-Ikhtishar atau Mukhtashar Abu Syuja. Kitab ini banyak dipelajari dipondok-pondok pesantren di Indonesia, karena kebanyakan mengikuti mazhab fikih Imam asy-Syafi’i.

Imam Al-Qadhi Abu Syuja’ menulis kitab ini atas permintaan para muridnya dan teman–temannya dengan tujuan agar orang yang belajar fikih agama dapat mengetahui hukum agama secara singkat dan mudah.

Kitab ini membahas fikih dengan sangat ringkas dan mudah dipahami dan ditujukan lebih untuk pemula dan awam. Kitab ini terbagi mejadi beberapa bab, di antaranya: Kitab Thaharah, Kitab Salat, Kitab Zakat, Kitab Puasa, Kitab Haji, Kitab Jual Beli dan Mu’amalat Lainnya, Kitab Nikah, Kitab Jinayat, Kitab Hudud, Kitab Jihad, Kitab Perburuan dan Penyembelihan, dll.

DR. Musthafa Dib al-Bugha (Guru besar Universitas Damaskus, salah seorang pakar fikih mazhab asy-Syafi’i) berkata: “Kitab Matan al-Ghayah wa at-Taqrib adalah salah satu kitab terbaik dalam fiqih Madzhab asy-Syafi’I, baik dari cara pengkajiannya maupun isi kandungannya.

Meskipun ukurannya kecil, kitab ini mencakup semua bab fiqih, ketentuan–ketentuan hukum, serta masalah–masalah yang terkait dengan ibadah, muamalah dan lain sebagainya. Kitab ini tersusun dengan bahasa yang mudah, susunan kata–kata yang indah, rangkaian kalimat yang baik, dan klasifikasi bahasa yang sistematis.

Semua itu memudahkan orang yang mempelajari ilmu fiqih dalam memahami dan menghayati kandungan nya. Kitab ini begitu istimewa karena dapat diterima oleh masyarakat luas, tentunya atas kehendak Allah Subhanahu wa ta’ala. Oleh kerana itu, para pencari ilmu dan ulama sejak dahulu hingga sekarang, mereka selalu mengkaji kitab ini sebagai bahan pelajaran, memahami dan menghafalnya, serta menjelaskan dan menguraikan nya.”