Kajian Parenting Kuttab: Target Pendidikan

684
.

Pendidikan kuttab berbeda dengan pendidikan formal lainnya yang telah ada. Baik secara kurikulum, usia penerimaan anak dan dan model. Sebab itu, kuttab memiliki target pendidikan yang berbeda dengan corak pendidikan usia anak lainnya.

Dalam kajian parenting ahad (16/2/2020), Ust. Sanif Alisyahbana, Lc memberikan pemaparan mengenai target kuttab. Kajian ini disampaikan dihadapan wali santri Kuttab Salman Al-Farisi Karangpandan Karanganyar.

“Sebenarnya target pendidikan kuttab itu sederhana tapi mendasar dan tidak mudah. Targetnya hanya 3 yaitu: Pendidikan iman termasuk didalamnya adab, baca tulis dan menghafal dengan metode talqin,” jelas Ust. Sanif.

Beliau melanjutkan, dari seluruh target ini yang paling sulit adalah pendidikan iman. Sebab guru mengajarkan anak yang nalarnya belum sempurna tentang sesuatu yang tidak bisa mereka lihat, ghaib, dan ini sulit.

Indikasi anak percaya dengan iman yang ghaib salah satunya, anak takut mengambil barang milik orang lain, anak takut berbohong dll. Karena dia yakin ada yang mengawasi.

Namun pendidikan iman ini tidak serta merta bisa dilakukan apabila karakter anak belum baik. Maka kuttab memiliki tugas tambahan untuk memperbaiki karakter anak terlebih dahulu.

“Apabila karakter anak belum baik, maka iman tidak akan bisa dipahami anak. Sebab itulah, selama 2 bulan ini kami melakukan observasi pada karakter anak masing-masing,” jelas Ust. Sanif.

Kajian parenting ditutup dengan sarasehan bersama asatidz kuttab membahas perkembangan anak masing-masing.