Kadar Pemberian Allah Sesuai dengan Niat Hambanya

237
.

Pada Al Quran terdapat ayat ayat yang sangat dekat dengan hati kita, Allah berfirman

إِنْ يَعْلَمِ اللَّهُ فِي قُلُوبِكُمْ خَيْرًا يُؤْتِكُمْ خَيْرًا مِمَّا أُخِذَ مِنْكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ۗ

“Jika Allah mengetahui ada kebaikan dalam hatimu, niscaya Dia akan memberikan kepadamu yang lebih baik dari apa yang telah diambil daripadamu dan Dia akan mengampuni kamu.” (Al-Anfal: 70)

Ibnul Qoyyim menafsirkan: Kadar pemberian Allah itu tergantung kadar niatan kita

Setiap dari kita memiliki surat atau ayat ayat tertentu yang sesuai dengan kisah perjalanan hidup kita. Firman itu selalu kita baca berulang ulang untuk menghibur hati kita dan mengokohkan keimanan kita.

Khusyu kita melantunkannya, sembari tersenyum atas segala harapan yang dijanjikanNya…. Tak terasa air mata menggenang.

Cobalah… Kamu… Hidup dengan Al Quran dalam setiap nafas aktivitasmu. Bacalah ayat ayat yang bisa menguatkan dirimu, merekatkan hatimu yang telah pecah berkeping keping hingga kamu menemukan petunjuk di dalamnya dari segala problem mu.

Bacalah ayat ayat yang kamu mengena di dalamnya lalu niatkan untuk menyelesaikan masalahmu. Kamu akan melihat dan merasakan kebenaran janji Allah: Dia akan memberikan kepadamu yang lebih baik dari apa yang telah diambil daripadamu.

Kalau kamu punya masalah berat dengan suamimu/istrimu, bacalah surat At Thalaq atau surat Al-Mujadalah ; ada berjuta harapan di dalamnya, ada miliar gemintang jika kamu serius mentadaburinya. Di situ solusi dan obat, di situ kamu tumpahkan segala beban hatimu. Apalagi bila kamu hafalkan dan kamu baca di balik keheningan malam.

Jika kamu selalu dikecewakan oleh teman-temanmu, dikhianti, bahkan dihancurkan hidupmu oleh orang orang yang paling akrab denganmu; bacalah surat Al-Insan. Itulah sifat manusia, muncul dari suatu kehampaan tanpa sebutan yang kemudian angkuh dan sombong.

Jika kamu berbuat baik jangan berharap terima kasih, karena sifat manusia susah berterima kasih dan mudah khianat. Semua pengorbananmu tak kan sia-sia, Allah sendiri yang akan berterima kasih padamu. Jika Allah berterima kasih padamu, kamu tidak akan sekali kali berminat dengan penghargaan dari manusia. Allah akan ganti seluruh kekecewaanmu dengan air minum tiga rasa; Kafura, Zanzabila dan Thahura.