Forum Diskusi Ilmiah: Antara Fiqih Madzhab dan Fiqih Dalil

296
.

Pondok Pesantren Islam Salman Al-Farisi menjadi tuan rumah penyelenggaraan Nadwah Ilmiah antar pondok pesantren, Kamis (27/8/2020). Acara ini berlangsung selama sehari semalam bertempat di Komplek 2 Blumbang.

Nadwah Ilmiah merupakan forum diskusi ilmiah yang membahas berbagai macam keilmuan secara tematik. Direncanakan akan rutin diselenggarakan setiap bulan.

Dalam sesi pertama ini mengambil tema: Antara Fiqih Madzhab dan Fiqih Dalil. Membahas mengenai perbedaan antara mengambil fiqih berdasarkan pendapat mazhab atau langsung mengambil dalil.

“Pembicara kita kali ini yaitu Ust. Wahyu, Ust. Muhammad Kholil, Ust. Faiz Baraja dan Ust. Khairud Dai. Mengupas secara mendalam berkaitan dengan tema ini. Sayangnya, waktu sehari semalam ternyata tidak cukup. Tapi kami berharap menjadi awal yang baik baik bagi perkembangan keilmiahan keumatan,” kata Ust. Fajri ketua panitia.

Terdapat 4 judul diskusi berkaitan dengan Fiqih Mazhab dan Fiqih Dalil yaitu:

  1. Ust. Wahyu : Tarikh Fiqih islam
  2. Ust. Muhammad Kholil : Mengenal madzhab Fiqih
  3. Ust. Faiz Baraja : Hakikat Fiqih Dalil
  4. Ust. Khairud Dai : Manhajiyah Dirosatul Fiqh

Pembicara dari Pondok Pesantren Salman Al-Farisi Karanganyar sebagai tuan rumah, Islamic Center Darus Sunah Sragen, Markaz Iqro Surakarta dan Darusy Syahadah Boyolali disertai oleh beberapa utusan santri dari pondok masing-masing.