Dauroh Keutamaan Penghafal dan Menghafal Al-Quran

500
.

Syeikh Rushdi Hasan Dhaifullah Mohammed Al-Sabahi mengisi dauroh sehari bersama para santri di Ponpes Islam Salman Al-Farisi 1, Kamis (12/12/2019). Tema yang diangkat adalah keutamaan penghafal dan menghafal Al-Quran.

Daurah ini bertujuan agar santri semangat kembali menghafal Al-Quran dan melejitkan kemampuan santri yang telah memiliki kesemangatan yang baik. Karena seperti dijelaskan oleh syiekh; amalan yang paling mulia dan paling afdhal adalah menghafal Kitabullah.

Karenanya, banyak sekali para sahabat yang berlomba-lomba menghafal Al-Quran pada saat itu. Meskipun tidak semuanya menjadi ulama, tetapi kesemangatan mereka menghafal Al-Quran menjadi tauladan bagi kita.

Beliau juga menjelaskan, seseorang yang ingin tinggi derajatnya dihadapan Allah tergantung interaksinya dengan Al-Quran. Seperti disebutkan dalam hadits shahih:

إِنَّ اللَّهَ يَرْفَعُ بِهَذَا الْكِتَابِ أَقْوَامًا وَيَضَعُ بِهِ آخَرِينَ

“Sesungguhnya Allah akan mengangkat suatu kaum dengan Al-Quran dan menjatuhkan kaum yang lain juga dengan Al-Quran”. (Muslim)

Syeikh Rushdi Hasan Dhaifullah Mohammed Al-Sabahi adalah pengajar Program Sanad Al-Quran dari Yaman. Tinggal di Pondok Pesantren Islam Salman Al-Farisi.