Dai Pos Peduli Menembus Lokasi Terisolir

42
.

Pondok Salman Al-Farisi Peduli (Pos Peduli) kembali mengirimkan kafilah dakwah kloter kedua, ke lokasi terdampak bencana erupsi Semeru, pada Sabtu (15/1/2022).

Sebelum keberangkatan, para dai yang merupakan santri Ponpes Salman Al-Farisi, mendapatkan breafing singkat. Kemudian, dilaksanakan pelepasan di posko relawan Semeru yang berada di kantor Kecamatan Tawangmangu, diiringi doa bersama, yang dipimpin oleh Ustadz Yusuf Hilmi selaku tokoh masyarakat setempat.

Setelah melakukan perjalanan selama 10 jam dari Tawangmangu, sebanyak enam personil dai langsung menembus lokasi terisolir, Dusun Sumberlangsep, Desa Jugosari, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Sumberlangsep satu-satunya dusun yang berada di seberang sungai Leprak. Jembatan penghubung di desa tersebut ambrol, setelah diterjang lahar dingin pada Sabtu (1/1/2022) yang lalu.

Para dai, lengkap dengan perbekalan dalam tas ransel, bersusah payah menyeberangi sungai dengan hati-hati, sebab aliran air masih cukup deras. Kedatangan mereka, selain untuk berdakwah juga sekaligus mengantarkan bantuan ratusan paket Sembako bersam lembaga sosial lainnya, seperti Emergency and Crisis Respon (ECR), Medis dan Kemanusiaan serta yang lainnya.

Ustadz Syamil, mewakili para dai Pos Peduli menyampaikan bahwa mereka meminta doa dari semua pihak, agar dakwah di lokasi terisolir ini berjalan dengan baik.

“Untuk kelancaran dakwah kita, kami mohon doanya dari orang tua kami, para asatidzah tercinta, begitu juga para teman kami di pesantren dan seluruh kaum Muslimin di Indonesia,” kata Syamil, saat perjalanan menuju Dusun Sumberlangsep, Ahad (2/1/2022).

Sementara itu, kedatangan para dai disambut baik Bapak Herman, selaku tokoh masyarakat setempat.

“Selamat datang, beginilah kondisinya di pegunungan. Saya berharap para santri kerasan tinggal di sini,” ujarnya.

Untuk diketahui, sebelumnya Pos Peduli telah memberangkatkan dua orang dai ke Lumajang. Para dai yang diberangkatkan akan bertugas membina masyarakat dengan program dakwah, trauma healing dan kemanusiaan di lokasi terdampak bencana.

Mohon doa kaum Muslimin, semoga kegiatan dakwah dan kemanusiaan di lokasi terdampak erupsi Semeru bisa berjalan dengan lancar. Bagi para muhsinin yang ingin berpartisipasi dalam program pengiriman dai di lokasi bencana, bisa menyalurkan donasinya melalui Rekening BSI 5000440002 atas nama Salman Al-Farisi Peduli. Untuk informasi bisa menghubungi admin Pos Peduli ke 0823 9800 5800.