Beberapa Fadhilah Surat Al-Baqarah

289
.

Surat Al-Baqarah memiliki beberapa fadhilah penting. Sudah seharusnya sebagai seorang muslim membacanya dan menjadikannya sebagai wirid harian.

Beberapa fadhilahnya diantaranya:

Pertama Mengusir setan dari rumah. Rasulullah salallahu alaihi wassalam bersabda:

لاَ تَجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ مَقَابِرَ إِنَّ الشَّيْطَانَ يَنْفِرُ مِنَ الْبَيْتِ الَّذِى تُقْرَأُ فِيهِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ

“Janganlah kalian jadikan rumah-rumah kalian sebagai kuburan, sesungguhnya setan akan lari dari rumah yang dibacakan surah Al-Baqarah.”

Kedua Menjadi keberkahan bagi pembacanya. Rasulullah salallahu alaihi wassalam bersabda:

اقرءوا الزهراوين البقرة، وسورة آل عمران، فإنهما تأتيان يوم القيامة كأنهما غمامتان، أو كأنهما غيايتان، أو كأنهما فرقان من طير صواف، تحاجان عن أصحابهما

“Bacalah al-Zahrawain (dua cahaya) yaitu surat Al-Baqarah dan Ali ‘Imran karena keduanya datang pada hari kiamat nanti seperti dua awan atau seperti dua cahaya sinar matahari (maksudnya menjadi pelindung) atau seperti dua ekor burung yang membentangkan sayapnya, keduanya akan menjadi pembela bagi yang rajin membaca dua surat tersebut.” (HR. Muslim)

Ketiga Membaca surat Al-Baqarah menjadi benteng penjagaan dari keburukan dan sihir.

اقْرَءُوا سُورَةَ الْبَقَرَةِ فَإِنَّ أَخْذَهَا بَرَكَةٌ وَتَرْكَهَا حَسْرَةٌ وَلاَ تَسْتَطِيعُهَا الْبَطَلَةُ

“Bacalah surat Al-Baqarah karena sesungguhnya menjadi keberkahan bagi pembacanya, kerugian bagi yang meninggalkannya dan benteng dari sihir.”