Ananda Ghozi Tasmi’ Hafalan Hadits Kitab Al-Jam’u Baina Ash-Shahihain Jilid I

186
.

Ananda Muhammad Ghozi Mubarok, melaksanakan tasmi’ hadits dari jilid I kitab Al-Jam’u Baina Ash-Shahihain. Tasmi’ dilaksanakan di Ponpes Salman Al-Farisi, Karangpandan, pada hari Senin (22/11/2021).

Kitab Al-Jam’u biana Ash-Shahihaini adalah kitab yang menghimpun hadits-hadits yang disepakati oleh Al-Imam Bukhari dan Muslim. Kitab tersebut disusun oleh Syaikh Yahya Abdul Aziz Al-Yahya yang terdiri dari enam jilid. Totalnya, ada lebih dari 2400 hadits dalam kitab tersebut.

Sementara, Ananda Muhammad Ghozi telah menyelesaikan tasmi’ kitab Al-Jam’u Baina Ash-Shahihain jilid I yang terdiri dari 374 hadits. Kitab jilid pertama tersebut dihafalnya dalam waktu relatif singkat yakni selama dua bulan.

Meskipun menghafal hadits Al-Jam’u Baina Shahihain hanya pelajaran tambahan di pesantren, namun Ananda Muhammad Ghozi bertekad menyelasaikan hafalan seluruh kitab Al-Jam’u sebelum lulus dari Ponpes Salman Al-Farisi.

“Menghafal hadits ini program tambahan dari pondok, jadi kita harus benar-benar memperhatikan mengatur waktu kita,” kata Ananda Ghozi.

Motivasi Ananda Ghozi yang membuatnya bersemangat menghafal hadits, karena dalam hukum-hukum syar’i memuat dalil dan dalil penguatnya adalah hadits.

“Hadits ini kan sabda atau perkataan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, tujuannya karena setiap hukum itu memiliki dalil maka kita perlu menghafal hadits agar hujjahnya menjadi kuat,” tutur putra dari Bapak Firdaus asal Bogor, Jawa Barat

Terakhir, Ananda Ghozi berpesan kepada sesama santri, agar giat belajar dan jangan pernah puas dalam menuntut ilmu.

“Jangan berpuas diri dalam menuntut ilmu, harus punya tujuan dan jangan stagnan, ada perkembangan serta prospek yang cerah,” tutupnya.

Untuk diketahui, Ananda Muhammad Ghozi Mubarok merupakan salah satu santri berprestasi di Ponpes Salman Al-Farisi. Selain kitab Jam’ul Baina Ash-Shahihain, ia tercatat telah menyelesaikan berbagai hafalan selama lima tahun menimba ilmu di pesantren, yaitu:

  1. Tasmi’ Al-Qur’an 30 juz pada tahun 2019
  2. Tasmi’ hadits Arba’in Nawawi pada tahun 2020
  3. dan Umdatul Ahkam pada tahun 2020
  4. Tasmi’ hadits Bulughul Maram pada Bulan Februari 2021

Diperkirakan, selain 30 juz Al-Qur’an, Ananda Muhammad Ghozi telah menghafal sekitar 2000an hadits. Sebagaimana visi dari Ponpes Salman Al-Farisi, yakni mencetak kader ulama yang hafal Al-Qur’an dan Al-Hadits, diharapkan kelak Ananda Ghozi bisa menjadikan ilmu yang didapatkan bermanfaat untuk mencerahkan umat.