Agar Rumah Kita Menjadi Bintang di Bumi

288
.

إنَّ البيت ليُتلى فيه القرآن؛ فيتراءى لأهلِ السماء كما تتراءى النجومُ لأهل الأرض

“Sesungguhnya rumah yang sungguh-sungguh dibacakan di dalamnya Al-Qur’an, maka rumah tersebut akan terlihat oleh para penduduk langit sebagaimana terlihatnya bintang-bintang oleh penduduk bumi.”(Hadits dikeluarkan oleh Ahmad, Adz-Dzahabiy, Lihat kitab ash-Shahihah no. 3112)

Ini tentang bintang, riuh cahaya yang tak bosan kita berdecak tentangnya. Bintang-bintang kecil yang di langit tinggi menghias angkasa. Dahulu, sejak kanak-kanak terbang mengangkasa bersama gemintang menjadi cita-cita.

Bintang selalunya indah dalam pandangan manusia. Tak pernah membosankan dipandang, tak pernah putus asa untuk direngkuh. Saat melihatnya, mata menjadi berbinar hati bersinar.

Tapi bila langit menggulita tertutup awan, dunia tiba-tiba menjadi gelap menyeramkan. Tanpa bintang dan rembulan kebahagiaan terasa hampa.

Allah ta’ala dalam Al-Quran menyebut tentang bintang gemintang sebanyak 24 kali. Bahkan mimpi Nabi Yusuf juga tentang sebelas bintang. Mimpi-mimpi bintang itulah yang terus membuat Nabi Yusuf terus istiqamah menjadi budak di negeri orang, dijebloskan dalam penjara lalu menjadi raja. Meraih bintang itu harapan semua orang.

يَا أَبَتِ إِنِّي رَأَيْتُ أَحَدَ عَشَرَ كَوْكَبًا وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ رَأَيْتُهُمْ لِي سَاجِدِينَ

“Wahai ayahku, sesungguhnya aku bermimpi melihat sebelas bintang, matahari dan bulan; kulihat semuanya sujud kepadaku”. (Yusuf: 4)

Kita tidak mungkin bisa mengangkasa bersama milyaran lintang, seperti angan kecil kita dahulu. Tapi tahukah anda, kita bisa mewujudkannya dengan cara lain. Membuat rumah kita gemerlap bergemintang seindah bintang-bintang langit.

Bacalah Al-Quran dengan sungguh-sungguh di rumah. Buat rumah kita selalu terdengar alunan ayat-ayat suci yang diturunkan dari atas langit ke tujuh. Karena Al-Quran adalah cahaya, membuat hati kita dan sekitar kita turut bercahaya.

Kata Rasulullah shalallahu alaihi wassalam :

“Sesungguhnya rumah yang sungguh-sungguh dibacakan di dalamnya Al-Qur’an, maka rumah tersebut akan terlihat oleh para penduduk langit sebagaimana terlihatnya bintang-bintang oleh penduduk bumi.”

Bacalah dengan sungguh-sungguh….

Buat penduduk langit terkesima melihat rumah-rumah kita bersinar seperti lintang langit. Yang lebih indah, lebih berpelangi dan lebih bersinar.